Bahaya Kucing Tidak Mau Makan

Manusia dan hewan umumnya dapat bertahan hidup selama beberapa hari tanpa makanan. Kebutuhan energi untuk berbagai reaksi kimia dalam tubuh biasanya didapat dengan cara membakar cadangan lemak tubuh.

Berbeda dengan kucing
, proses pemecahan lemak menjadi energi pada tubuh kucing sangat tidak efisien. Secara alami bila kucing tidak makan selama 1 hari atau lebih akan terjadi penumpukan berbagai sisa reaksi tubuh akibat pembakaran lemak yang tidak efisien.

Berbagai sisa reaksi pemecahan lemak pada tubuh kucing menyebabkan kerusakan hati yang biasanya disebut hepatik lipidosis. Hepatik lipidosis adalah berubahnya jaringan organ hati menjadi sebuah jaringan baru yang menyerupai jaringan lemak. Akibatnya, hati tidak dapat berfungsi sebagaimana mestinya dan akhirnya dapat meningkatkan resiko atau menyebabkan kematian kucing.

Proses hepatik lipidosis ini bahkan sudah mulai terjadi satu hari setelah kucing tidak mendapatkan kebutuhan kalori harian dari makanan. Proses kerusakan hati bisa dihentikan dan jaringan hati yang sudah menjadi jaringan lemak dapat kembali normal bila kucing mendapatkan jumlah kalori dan nutrisi yang cukup dari makanan.

Jadi jangan sampai kucing kesayangan anda seharian tidak makan apalagi ditambah dengan gejala gejala penyakit seperti demam , mencret, flu , muntah dll . Segera ganti makanan atau berikan makanan lain yang lebih merangsang nafsu makan. Bila masih belum mau makan juga, suapi dan segera konsultasikan dengan dokter hewan terdekat.Jangan sampai terlambat... 

http://aboutkucing.blogspot.com/
TRIBUTTE TO UCIL , my lovely cat
dob 13-03-2012 ------------ rip 19-03-2012



Solusi dari pengalaman agan di indowebster (ane ambil dari http://www.indowebster.web.id/showthread.php?t=129469) 


Sebelum ngasi tipsnya Ane kasih tau dulu ciri2 kucing sekarat gara2 keracunan. Apakah kucing agan2 sekalian mengalami hal yang sama dengan yang ane alamin??

1. Waktu itu kucing ane muntah2, muntah nya warna kuning. uhm kuning agak orange2 gt lah.

2. Waktu muntah2 sih tu kucing gak kenapa2, masi lincah tapi gag mau makan, trus "ngeong-ngeong" mulu.
3. 10 menit kemudian tu kucing mulai deh lemes. Lemes nya udah gag bisa ngapa2in. Sampe kasian banged ngeliatnya.
4. Ane bawa ke vet. Kata dokternya dia demam tinggi gt.Trus cuma dikasi obat demam (kaya pil gt lah). Trus kata dokter disuruh dikasih susu cap beruang.
5. Setelah semua nasehat vet ane ikutin, besoknya tu kucing keluar busa sedikit di mulutnya.
6. Ane liat tu kucing muntah2 lagi, dan pup nya cair warna kemerahan dan bau banged. ya udah ane bawa lagi ke vet.
7. Nyampe di vet, dia udah sekarat keabisan cairan. Padahal tu kucing biasanya lincah banged. Disana tu kucing di infus, tapi ternyata badannya udah membiru, dan jarum infus udh gag bisa masuk ke nadinya. Dokter udah menyatakan dia bakalan mati. Karena badannya dingin banged, kakinya kaku.



Akhirnyaa...(tipsnya)

1. Siapkan tempat yang nyaman untuk kucing. Simpan lampu belajar deket tempat tidur si kucing dan gunakanlah bohlam 25 watt untuk menghangatkan tubuh kucing.
2.beli air kelapa muda, yang masih seger (bener2 air kelapa asli). Karena setau ane, air kelapa bisa menetralisir racun.
3. beli suntikan kecil (tanpa jarum) untuk masukin air kelapa ke mulut kucing.
(sampe sini, si kucing ngerespon dengan menjilat2 air yang udah masuk ke mulutnya. meskipun dalam keadaan gag sadar)
3. pas pertama kali dikasi air kelapa, tu kucing langsung kejang sedikit (mungkin ini efek dari racunnya yang ketemu air kelapa)
4. ane kasih terus air kelapa..terus dan terus. setelah dirasa cukup, ane diemin tu kucing, supaya istirahat.
5. setiap 10 menit sekali usahain ada asupan air kelapa ke mulut si kucing. paling tidak 3 suntikan air kelapa.

Efeknya...
  •   Badan kucing mulai pulih, berangsur2 meng-hangat.
  •   kucing mengeluarkan air seni sedikit demi sedikit yang bau nya kaya daun.
  •   Puncak reaksi kucing mengeluarkan racun adalah dia akan muntah (kenceng banged  suaranya). muntah nya itu berupa air bening cuman agak2 bau.
  •   Tapi jangan berhenti ngasi air kelapa nya. terus dikasih meskipun dia udah muntah.
  •   Badannya pulih dan kulitnya berwarna merah lagi (tidak pucat).
  •   Besoknya baru berenti kasi air kelapa dan diganti air biasa (karna kucing belum mau makan, usahain kasi terus air minum atau susu beruang (setiap 10 menit sekali/secukupnya)


source :http://www.kucing.biz/_kucing.php?_i=5-memberi-makan-kucing#Bahaya_Kucing_Tidak_Mau_Makan

Comments

Popular posts from this blog

Manajemen kotoran kucing :3

Cara mengawinkan Kucing KimPoi Time :3

Makanan yang Berbahaya untuk Kucing